Jenis - Jenis Pasar Modal


Ada berapa jenis - jenis pasar modal ? - Berikut ini merupakan jenis - jenis pasar modal beserta pengertiannya :
1. Pasar kertama (perdana) adalah tempat atau sarana bagi perusahaan yang untuk pertama kali menawarkan saham atau obligasik epada masyarakat umum. Dikatakan tempat karena secara fisik masyarakat pembeli dapat bertemu dengan penjamin emisi atau pun agen penjual  untuk melakukan pembelian saham atau obligasi.

2. Pasar kedua (sekunder) adalah tempat atau sarana transaksi jual-beli bursa efek antarinvestor dan harga dibentuk oleh investor  melalui perantara efek.

3. Pasar ketiga adalah sarana transaksi jual beli efek  antara market maker serta investor dan harga dibentuk oleh market maker . Investor dapat memilih market maker yang member harga terbaik dan para market maker akan bersaing dalam menentukan harga saham, karena satu jenis saham di pasarkan oleh lebih dari satu market maker .

4. Pasar keempat adalah sarana transaksi jual-beli ant ar investor jual dan investor beli tanpa melalui perantara efek. Transak si dilakukan secara tatap  muka  antara  investorbeli  dan  investor  jual  un tuk  saham  atas pembawa.

Data Visitor