makalah ruang lingkup pemasaran
Manajemen Pemasaran
ruang lingkup manajemen pemasaran secara umum
ruang lingkup pemasaran menurut philip kotler
ruang lingkup pemasaran pdf
Pengertian Dan Ruang Lingkup Pemasaran
I. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PEMASARAN
Pengertian Pasar Dan Pemasaran
A. Pasar
Pasar adalah tempat dimana terjadinya proses jual beli suatu barang ataupun jasa antara penjual dan pembeli. Dipasar inilah penjual harus dapat menentukan harga, mempromosikan barang yang dapat memuaskan pelanggannya ,agar para pelanggan atau pembeli dapat memenuhi kebutuhanya.
Jenis pasar berdasarkan pelanggannya :
1. Pasar Konsumen : Perusahaan yang menjual barang-barang kebutuhan konsumen dan jasa dalam jumlah besar, contoh : minuman ringan, sepatu, kosmetik dll.
2. Pasar Bisnis : Perusahaan yang menjual barang dan jasa kepada pembeli, yang selanjutnya membeli bisnis membuat atau menjual kembali sebuah produk kepada orang lain untuk mendapatkan laba.
3. Pasar Global : Perusahaan-perusahaan yang menjual barang dan jasa antar negara.
4. Pasar Nirlaba dan Pemerintah : Perusahaan yang menjual barangnya ke organisasi nirlaba, seperti : organisasi amal, pemerintah dll.
B. Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses kegiatan manusia untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk atau barang kepada konsumen.
* Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli