Cara Mengukur dan Memprediksi Pasar


Cara Mengukur dan Memprediksi Pasar

Salah satu tugas pokok dalam kegiatan penelitian pasar adalah memperkirakan besarnya pasar pada saat ini dan pada saat mendatang.

a. Potensi pasar adalah jumlah maksimum penjualan (baik dalam unit maupun dalam rupiah) yang tersedia bagi seluruh perusahaan dalam suatu industry, selama waktu tertentu dengan tingkat pemasaran tertentu dalam industry tersebut dan dengan kondisi lingkungan tertentu pula.

Rumus Potensi pasar keseluruhan
Q = n.q.p

Dimana :
Q : jumlah seluruh potensi pasar
n : jumlah pembeli produk tertentu pada suatu
pasardengan asumsi-asumsi tertentu.
q : jumlah yang dibeli oleh pembeli rata-rata
p : harga perunit rata-rata

Contoh :
Misalkan terdapat 100 juta pembeli buku dalam setahun, dan rata-rata pembeli membeli tiga buku dalam setahun, dengan harga rata-rata adalah $ 4, Maka jumlah seluruh potensi pasar adalah :
Jawab :
n = 100.000.000,-
q = 3
p = $ 4
Penyelesaian : Q = n.q.p
Q = 100.000.000 x 3 x 4
Q = $ 1.2 milyard

b. Mengukur Potensi Suatu Wilayah Pasar

1. Metode Pembentukan Pasar
Caranya : identifikasi semua pembeli potensial dalam setiap pasar dan perkirakan jumlah pembeli potensial.
2. Metode Indeks Faktor Ganda

Rumus indeks daya beli konsumen

Bi = 0,5 Yi + 0.3 ri + 0.2 Pi

Bi : Presentase daya beli nasional yang terdapat di daerah i
Yi : presentase pendapatan nasional yang berasal dari daerah i
ri : presentase penjualan eceran nasional yang terdapat di daerah i
Pi : presentase jumlah penduduk negara yang terdapat di daerah i

Contoh :
Misalnya negara bagian Virginia memiliki 2 persen dari pendapatan perorangan A.S, 1,96 persen dari penjualan eceran nasional dan 2,28 persen dari jumlah penduduk seluruh A.S , maka angka indeks daya beli Virginia adalah :
Jawab :
Bi = 0,5 Yi + 0.3 ri + 0.2 Pi
0,50(2,00) + 0,30 (1,96) + 0,20 (2.28) = 2.04
Analisis Strategi Pemasaran 
Selanjutnya...


Data Visitor