Lingkungan Pemasaran


A. Lingkungan Pemasaran
Salah satu tanggung jawab utama dari para pemasar suatu perusahaan adalah memonitor dan menyelidiki keadaan lingkungan guna memperoleh peluang-peluang yang baru. Lingkungan pemasaran selalu memberikan peluang-peluang baru, baik dalam masa-masa suram maupun dalam masa cerah.
Lingkungan pemasaran juga selalu menimbulkan ancaman-ancaman baru seperti kekurangan energi, kenaikan suku bunga pinjaman, resesi, dan perusahaan-perusahaan mengalami keadaan pasar yang lesu.
Para pemasar suatu perusahaan perlu memonitor secara terus-menerus situasi yang berubah-ubah. Mereka perlu mengamati langsung lingkungan yang berubah itu dan juga mengandalkan sistem intelijen pemasaran serta sistem penelitian pemasaran guna mengikuti secara lebih dekat lingkungan yang berubah-ubah itu. Dengan menciptakan sistem tanda bahaya dini para pemasar akan mampu mengubah strategi pemasaran mereka untuk menjawab tantangan dan peluang.

Arti Lingkungan Pemasaran :
Lingkungan Pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan lain yang berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen perusahaan untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.

Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru. Lingkungan pemasaran ini terdiri dari :

1. Lingkungan Mikro Perusahaan.
Terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya, yang terdiri dari :
a. Perusahaan
b. Pemasok
c. Perantara pemasaran
d. Pasar pelanggan
e. Pesaing
f. Masyarakat

2. Lingkungan Makro Perusahaan
Terdiri dari kekuatan-kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan, yang terdiri dari:
a. Lingkungan Demografis,
b. Lingkungan Ekonomi,
c. Lingkungan Alam,
d. Lingkungan Teknologi,
e. Lingkungan Politik,
f. Lingkungan Budaya.
Selanjutnya...

Data Visitor