Logo UIN Alauddin Makassar


Logo Resmi UIN Alauddin Makassar - Alamat Kampus UIN Alauddin Makassar Kampus I :  Jl. Sultan Alauddin No.63 Makassar, Kampus 2 :  Jl. Sultan Alauddin N0. 36 Samata Kab. Gowa Sulawesi Selatan Indonesia.

Logo Kampus :
Selogan : Pencerdasan, Pencerahan & Prestasi
Arti Lambang :

1. Pola dasar masjid yang melambangkan UIN Alauddin Makassar sebagai pusat pembinaan akhlak dan kepribadian muslim, pusat pencerahan dan tranformasi Ipteks, dan pusat pengembangan peradaban Islam.

2. Kubah masjid yang melambangkan UIN Alauddin sebagai wadah penerapan dan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbasis pada ajaran Islam, pintu masjib berarti UIN Alauddin sebagai pintu gerbang pembangunan manusia muslim yang berakhlak mulia dan berpegang teguh pada kebenaran Islam, serta mata pena yang berarti UIN Alauddin sebagai pusat transformasi dan pengembangan Ipteks berbasis pada prinsip dan nilai Islam.

3. Perahu pinisi tampak dari depan yang mengartikan keberadaan UIN Alauddin di wilayah Sulsel, keuletan dan kekokohan dalam perjalanan mengemban misi untuk mencapai tujuan UIN Alauddin Makassar.

4. Dua buku yang terintegarsi yang terdiri dari buku berwarna hijau yang melambangkan Al quran-Hadis sebagai kitab sumber dan buku berwarna putih melambangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Integrasi kedua buku tersebut melambangkan integrasi keilmuan UIN Alauddin Makassar sebagi kampus peradaban.

5. Islamic Star sebagai simbol 3P UIN Alauddin sebagai pusat pencerdasan, pencerahan dan prestasi. Dimana, dalam simbol Islamic Star terdapat angka 1965 sebagai petanda tahun kelahiran UIN Alauddin Makassar yang dituliskan dengan pola aksara lontara dan bermaksa keteguhan UIN Alauddin dalam nilai islam dan kearifan lokal.

6. Penulisan "Alauddin" di logo menggunaan font Philosopher yang menunjukkan UIN Alauddin memberi pelayanan yabg flexibel, luwes, dan terbuka untuk menjadi kampus yang lebih baik. Sedangkan, tulisan "Universitas Islam Negeri" dan "Makassar" memakai font jenis Kartika Bold yang menggambarkan kekuatan, ketegasan dan komitmen untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan berdaya saing.

7. Warna hijau melambangkan kesuburan, kesejukan dan kesungguhan. Sedangkan warna kuning emas melambangkan kejayaan, kemuliaan, kesetiaan dan pengabdian

Logo Terbaru UIN Alauddin Makassar :

Data Visitor